Artikel WISATA RELIGI MAKAM KYAI JANGKUNG KECAMATAN NOGOSARI

Posted on: 13 Mar 2019 Oleh Kecamatan Nogosari
 

Glonggong - Desa Glonggong yang teletak di Kecamatan Nogosari memiliki berbagai macam ppotensi. Salah satu potensi dari dunia pariwisata adalah wisata religi di makam Kyai Jangkung.

Makam Kyai Jangkung menjadi salah satu daya tarik wisata religi di Desa Glonggong, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Makam yang terletak di Dukuh Jangkungan, Glonggong, Nogosari, itu ramai dikunjungi setiap malam Jumat.

Syeh Jangkung dipercaya masyarakat setempat merupakan murid Sunan Kalijaga alias Raden Mas Said yang tidak lain adalah salah seorang Walisongo. Syeh Jangkung juga disebut bernama asli Kyai Syarifudin.

Murid Sunan Kalijaga itu dikenal miliki sifat tekun, jujur, dan tunduk dengan apa yang diperintahkan oleh guru. Syeh Jangkung juga bijaksana dan dekat dengan Allah SWT.

Makam yang sudah berumur ratusan tahun ini dipercaya menjadi asal-usul nama Dusun Jangkungan. Keberadaan Makam Kyai Jangkung membuat nama julukan pemuka agama itu diambil sebagai nama dusun.

Saat ini Makam Kyai Jangkung sudah mengalami empat kali pemugaran. Pemugaran pertama dibangun dan dipugar oleh seseorang dari Wonogiri. Selanjutnya, makam itu dipugar oleh warga Sragen sebelum dibenahi kembali oleh Dewa Boyolali untuk ketiga kalinya. Pemugaran terakhir dilakukan secara pribadi oleh salah seorang Desa Glonggong, Letnan Kolonel Adi.

Kemasyurah Syeh Jangkung membuat banyak warga kerap datang berziarah ke sana. Para peziarah itu bukan hanya berasal dari wilayah Desa Glonggong, tapi juga dari berbagai desa lain bahkan dari luar Boyolali. Para peziarah kerap mengadakan ritual khusus dan berdoa dengan cara masing-masing untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Makam Kyai Jangkung yang berada di Dukuh Jangkungan diketahui bukan satu-satunya tempat peristirahatan terakhir murid Sunan Kalijaga itu. Di beberapa tempat lain juga ada lokasi yang diyakini sebagai makam Syeh Jangkung, seperti di Pati, Salatiga, dan Banten. Anda berminat berwisata religi ke makam ini? Pengelola Makam Kyai Jangkung, Sunarto, bisa dihubungi di nomor telepon 081393999448 untuk memandu wisata religi Anda.

 

Thanks too

https://glonggong.desa.id

 

 

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell